Pelatihan Kader Dasar (PKD) 2010: Merindukan Lahirnya Van-Guardist Masa Depan dari ‘Rahim’ PMII

Oleh: PMII UGM Online

PKD 2010 PMII Komisariat Gadjah Mada-Komisariat Hasyim Asy’arie dengan tema “Refleksi Kritis Kebudayaan Indonesia: Merumuskan Kembali Jati Diri Manusia Indonesia dalam Membangun Kesadaran Kebangsaan” alhamdulilah telah terlaksana pada 16-18 April 2010 di PP Sunan Pandanaran-DIY dengan sukses. PKD ini dihadiri oleh para peserta dari berbagai perguruan tinggi, yaitu UGM, UNY, UNEJ, UNM, Unair, STAIN Tulungagung, dan Undip. Jumlah peserta hampir mencapai 40.

Pelaksanaan PKD ini terdiri dari materi-materi yaitu Studium Generale, Analisis Sosial, Analisis Gender, Analisis dan Advokasi Kebijakan, Gerakan Mahasiswa dan Pemberdayaan Masyarakat, Paradigma Kritis-Transformatif (PKT), Strategi dan Taktik Gerakan PMII, serta Enrichment (diskusi film). Para pemateri yang merupakan alumnus PMII Cabang Sleman (UGM dan UNY) yang memang dipilih karena kapasitas dan pengalaman mereka dalam bidangnya alhamdulillah juga bisa hadir semua. Merupakan sebuah kebahagiaan bagi para panitia karena kesediaan alumni untuk mengisi materi juga merupakan momen untuk  menyambung komunikasi antar-generasi. Semoga komunikasi antar-generasi ini tetap terjaga ke depannya. Amin.

Dalam acara PKD 2010 ini seluruh panitia, peserta, serta alumni            PMII Cabang Sleman (UGM dan UNY) juga tidak lupa bersama-sama memperingati Hari Lahir PMII Ke-50. Peringatan ini juga sekaligus menjadi ajang bagi mereka semua untuk mengungkapkan hasil refleksi mereka tentang kiprah PMII dari masa ke masa serta harapan-harapan bagi proyeksi PMII ke depan. Sebuah momen di mana seluruh warga dan kader-kader PMII dituntut untuk melakukan refleksi, otokritik, dan introspeksi, baik terhadap diri mereka sendiri sebagai warga pergerakan maupun terhadap PMII sebagai wadah pergerakan mereka.

Akhirnya, PKD 2010 ini diharapkan mampu melahirkan kader-kader PMII yang mampu dan mau berperan sebagai van-guardist, sebagai kader pelopor bagi warga-warga pergerakan PMII di rayon atau komisariat masing-masing, sehingga PMII benar-benar hadir sebagai lokomotif perubahan sosial yang signifikan di masyarakat.

TANGAN TERKEPAL DAN MAJU KE MUKA!

About these ads

2 thoughts on “Pelatihan Kader Dasar (PKD) 2010: Merindukan Lahirnya Van-Guardist Masa Depan dari ‘Rahim’ PMII

  1. Ass.
    Sahbt sya mint tlg info tntg PKD & PKl di PMII shbt,ya sya ingin melbrkn pnglman sy tntg PMII.
    klo bsa sy tnggu infonya ya.
    shbt aeperjuangan, se-organ, se-kader.

    PK-PMII IAI-Cipasung Tasikmalaya Jawabarat.

    • Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Maaf baru bisa balas, soalnya banyak agenda, jadi agak sibuk, terutama karena tanggap Merapi, hehe… Kalo di sini sih PKD dilaksanain setelah MAPABA, materinya ya terserah panitia sesuai kebutuhan dan target hasil yang diinginkan (output), karena masing-masing cabang atau bahkan komisariat kan punya kondisi-kondisi lokalnya sendiri.. begitu juga PKL, materinya disesuaikan dengan concern isu dari masing-masing cabang.. Begitu kalo di sini, hehe.. Jadi materinya fleksibel…
      Wallahul muwaffiq ila aqwamith thariq..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s